Rawat Busi Mobil Anda dengan Cara Ini, Pasti Akan Lebih Tahan Lama

Busi memang merupakan komponen dalam mobil yang paling penting karena berhubungan dengan proses pembakaran yang ada di dalam mesin mobil. Jika komponen tersebut rusak atau ada yang tidak normal, pasti Anda akan bisa merasakannya langsung, terutama ketika sedang memakai mobil tersebut. Untuk itu, haruslah dengan segera diganti. Namun, yang namanya mencegah memang lebih baik dari pada mengobati atau memperbaikinya. Untuk itu, saat kondisinya masih baik, Anda harus merawat komponen tersebut dengan baik dan benar hingga kemungkinan untuk rusak menjadi lebih kecil. Perawatan pada mesin mobil pun dapat anda lakukan sendiri. Anda pun bisa menerapkan beberapa cara di bawah ini agar busi tersebut lebih tahan lama dan dapat memberikan performa mesin yang baik.

  • Penutup Besi

Hal pertama yang bisa membuat busi Anda selalu dalam keadaan baik adalah dengan selalu memeriksa kondisi penutup businya. Anda harus memastikan jika penutup tersebut sudah longgar atau tidak. Jika terasa longgar, akan lebih baik untuk menggantinya dengan yang baru. Jika tidak, hal tersebut akan membuat mesin mati karena tutupnya yang selalu lepas dan juga dapat membuat cairan-cairan seperti oli atau pun air masuk ke dalamnya dan membuat komponen tersebut cepat rusak.

  • Lubang Busi

Selanjutnya, Anda juga harus memeriksa lubang busi mobil Anda. Memang hal ini akan sulit dibanding memeriksa busi motor, namun Anda bisa meniupkan angina pada lubang tersebut agar segala kotoran yang ada dalam lubangnya dapat keluar. Hal ini memang tidak terlalu efektif, namun hanya cara inilah yang dapat dilakukan karena posisi busi yang ada dalam sebuah mobil memang terlalu dalam dan sulit untuk dijangkau oleh Anda. Namun, hal ini haruslah Anda coba untuk membuat busi tetap dalam keadaan yang prima.

  • Gap Busi

Hal lain yang bisa Anda lakukan untuk membuat busi Anda tetap dalam keadaan prima adalah dengan selalu mengecek ukuran dari celah yang ada dalam busi atau yang kerap disebut dengan gap busi. Jika jarang dibersihkan, maka akan menciptakan celah pada busi dan membuat ukurannya semakin renggang jika tidak dirawat. Hal tersebut diakibatkan karena elektroda pada busi yang terkikis. Untuk itu, aturlah celahnya kembali agar sesuai dengan jarak normalnya, yaitu sebanyak 0.8 sampai 1.2 mm.

  • Periksa dengan Teratur

Akan sangat dianjurkan untuk Anda agar selalu memeriksa keadaan busi mobil dengan teratur. Hal ini harus dilakukan terutama ketika sedang melakukan servis menurut kilometer yang sudah ditempuh. Jika sudah terlihat tidak baik lagi, lebih baik menggantinya, terutama jika elektrodanya sudah terlihat tidak rata. Meski sering dibersihkan, namun jika busi tersebut sudah dalam keadaan yang tidak layak untuk dipakai lagi, maka akan lebih baik untuk segera menggantinya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *