4 Tips Agar Tak Lagi Gugup Saat Masuk Jalan Tol Bagi Pemula

Masih terbilang amatir untuk kelas pengemudi mobil tentu selalu memberikan pengalaman mendebarkan setiap kali mengemudi. Terlebih ketika memasuki kawasan jalan bebas hambatan alias jalan tol. Bagi pengemudi pemula tentu akan merasa was-was ketika masuk ke jalan tol karena mobil lain yang masuk ke dalamnya relatif melaju dengan cepat. Sehingga membuat Anda mudah gugup tatkala belum terbiasa masuk ke jalan tersebut, alhasil kenyamanan akan terganggu dan malah mengganggu pula kenyamanan pengguna jalan tol tersebut.

Supaya Tak Lagi Gugup Memasuki Jalan Tol

Supaya kondisi tersebut tidak dialami sebenarnya tidak sulit menghilangkan kegugupan ketika masuk ke ruas jalan tol. Berikut beberapa tips untuk bisa tetap tenang dan nyaman masuk ke jalan tol tersebut:

  • Menyiapkan karcis dan uang membayar tol,

Ketika masuk ke tol akan menjumpai dua gerbang, gerbang masuk dan gerbang keluar dari jalan tol tersebut. Gerbang masuk dipakai untuk mengambil karcis dan di gerbang keluar Anda membayar uang masuk ke tol, jadi sistemnya seperti ketika parkir. Usahakan sebelum mendekati gerbang keluar sudah menyiapkan karcis beserta uang pembayaran agar kecepatan mobil stabil.

  • Memperhatikan rambu dengan seksama,

Meskipun jalan tol disebut dengan istilah jalan bebas hambatan namun di dalamnya tetap terdapat rambu lalu lintas. Rambu ini tentu wajib dipatuhi siapa saja yang memanfaatkan akses ke jalan khusus tersebut. Misalnya larangan untuk menyalip dari kiri, berhenti di sepanjang rus jalan tol, batas kecepatan maksimum maupun minimum, dan sebagainya. Memperhatikan lalu mematuhi rambu-rambu yang telah disediakan akan meningkatkan kenyamanan melintasi jalan tol, jadi jangan disepelekan agar tidak terjadi masalah.

  • Selalu mengambil jalur yang sesuai,

Secara umum jalan tol dimanapun akan memiliki tiga ruas jalur, sehingga ada yang tepi kanan, tepi kiri, dan juga jalur di tengah. Baiknya Anda memakai jalur yang mana? Ketika mengemudikan mobil pribadi bukan truk atau kendaraan besar idealnya masuk ke jalur di tengah. Jalur kiri biasanya untuk truk bermuatan sedangkan jalur kanan dimanfaatkan pengemudi lain untuk mendahului kendaraan di depannya. Sehingga bagi pemula dengan kecepatan stabil paling aman di jalur tengah agar tidak mengganggu pengemudi lain.

  • Memperhatikan jarak aman selama mengemudi,

Selama melintasi jalan tol tentu akan berusaha mempertahankan kecepatan dan bagi pemula biasanya belum berani menancap gas kencang-kencang. Maka penting untuk memperhatikan jarak aman, supaya tidak terlalu dekat dengan pengendara mobil lainnya. Sehingga sewaktu melihat mobil di depan tiba-tiba menginjak pedal rem Anda punya waktu banyak untuk menurunkan kecepatan. Pengemudi di belakang pun bisa sigap mengikuti tindakan Anda, otomatis resiko kecelakaan di ruas jalan tol bisa ditekan dan kenyamanan bisa Anda rasakan.

Tags:

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *