Mengenal Fungsi dari Beberapa Komponen Kopling

Setiap mobil pastinya memiliki sistem kopling, terkecuali jika tipe mobil tersebut adalah mobil matic. Kopling tersebut adalah sebuah komponen yang letaknya ada di antara mesin dan juga transmisi pada mobil. Fungsinya adalah mengurangi putaran dari mesin yang sedang bekerja, terutama ketika sedang melakukan perpindahan transmisi, dan membuat transmisi masuk dengan mudahnya. Meski kopling yang Anda tahu hanya sebatas tersebut, ada baiknya jika mengetahui komponen lainnya yang jika saja terjadi masalah pada kopling, Anda pun tidak akan merasa kewalahan dan kebingungan dengan apa yang terjadi. Berikut ini adalah beberapa komponen dari kopling yang harus Anda ketahui:

  • Pedal

Untuk mengaktifkan kopling tersebut, Anda pun harus menginjak pedalnya. Pedal tersebut terletak pada sebelah kiri dari pedal rem dan gas, serta biasanya di injak dengan menggunakan kaki kiri. Fungsinya adalah supaya dapat mengatur jarak dari kopling dan flywheel. Selain itu, berfungsi juga untuk meneruskan dan juga memutuskan aliran dari mesin ke sistem penggeraknya. Rawatlah pedal tersebut dengan sedemikian rupa agar mobil dapat bekerja dengan baik dan secara maksimal. Sering-seringlah membersihkannya agar dapat menggunakannya dengan nyaman dan aman.

  • Master Kopling bagian Atas

Komponen penting yang harus Anda ketahui yang ada dalam sebuah kopling adalah master kopling atas yang mempunyai fungsi untuk meneruskan tekanan yang diberikan dari pedal kopling dengan cara perlahan ke master kopling. Dalam bagian tersebut, terdapat sebuah perapat karet yang mampu membantu untuk mencegah minyak kopling tidak bocor dan menampungnya dengan baik. Komponen ini haruslah Anda perhatikan, karena ketika bocor, maka akan menyebabkan masalah yang serius. Seringlah merawat master kopling bagian atas atau mengganti bagian tersebut jika sudah tidak layak pakai.

  • Master Kopling bagian Bawah

Ada bagian atas, maka ada pula bagian bawah, begitu pula dengan master kopling. Benda ini berfungsi untuk meneruskan pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan oleh master atas. Setelah bagian bawah mendapatkan tekanan, maka hal tersebut akan dengan segera diteruskan ke garpu pembebas agar dapat mendorong dan juga membebaskan platnya dari matahari dan flywheel. Jika bagian ini rusak, maka Anda tidak akan bisa memasukan atau mengganti gigi. Anda harus menunggunya sampai dingin, baru mobil Anda dapat dijalankan kembali.

  • Garpu Pembebas

Bagian terakhir yang menjadi penting untuk Anda ketahui adalah garpu pembebas atau Fork Kopling. Benda ini memiliki fungsi sebagai penghubung release kopling dan release bearing yang nantinya akan bergerak secara maju dan mundur. Selain itu, benda ini juga dapat menekan cover clutch dan membebaskan putaran dari mesin ketika pengemudinya memijak pedal kopling. Jika digunakan terus menerus, maka benda ini akan aus dan akhirnya membuat Anda harus menginjak dalam-dalam pedal koplingnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *