Kaca Mobil Sering Pecah dan Retak? Ternyata Inilah yang Menjadi Penyebab Utamanya!

Adanya kaca dalam mobil mampu mempermudah Anda untuk melihat kedepan dan juga ke samping untuk melihat jalanan dan keadaan di sekitarnya. Kaca yang kinclong ini dapat menaikkan penampilan dari mobil tersebut. Namun, sebenarnya kaca mobil memiliki sifat yang sangat rapuh dan mudah pecah. Kebanyakan penyebab yang membuat kaca mobil pecah adalah jika terkena atau terhantam benda yang keras seperti batu yang terlempar di jalanan. Namun, ada beberapa penyebab yang membuat kaca dapat retak atau pecah. Berikut ini adalah beberapa penyebab lain yang dapat membuat kaca retak atau pecah:

  • Pemasangan yang Kurang Pas

Salah satu faktor yang membuat kaca cepat retak atau pecah selain terkena benda keras adalah karena kaca dipasang dengan tidak pas. Hal ini biasanya ditemukan pada pemilik mobil yang mengganti kacanya secara mandiri atau sendiri, atau menukarnya di bengkel yang tidak terpercaya pelayanannya. Akan lebih baik jika Anda mengganti kaca di bengkel yang terpercaya atau bengkel resmi, bahkan kalau perlu gantilah di tempat spesialis yang menerima mengganti kaca dan memang sudah terkenal oleh masyarakat luas. Dengan hal ini, pasti kaca Anda tidak akan cepat retak dan pecah.

  • Suhu yang Tinggi

Selain pemasangan yang tidak pas, suhu yang tinggi ini juga ternyata dapat memicu kaca mobil Anda menjadi mudah pecah dan retak. Hal ini dapat memicu proses pemuaian yang terjadi pada kaca tersebut jika ruang pemuaiannya kurang. Maka akan berujung dengan kaca yang pecah atau retak karena adanya tekanan tinggi dan tidak ada ruang untuk pemuaian. Hal ini memang yang paling sering ditemukan dan menjadi penyebab utama mengapa kaca dapat pecah. Untuk itu, akan sangat baik jika memasang kaca di tempat yang terpercaya dan atau pun di spesialis pemasang kaca yang terpercaya.

  • Jalanan yang Rusak

Ternyata, jalanan yang rusak juga dapat membuat kaca menjadi cepat rusak dan pecah. Sering berjalan yang rusak tidak hanya memberikan dampak buruk pada ban mobil dan juga mesinnya, tapi juga berdampak buruk pada kaca mobil tersebut. Hal ini dikarenakan saat berjalan di jalan yang tidak rata dapat memberikan tekanan yang lebih dan tidak seimbang sehingga membuat kaca mobil menjadi harus bekerja dengan maksimal menahan beban tersebut. Saat terkena guncangan, ada tekanan yang sifatnya tidak seimbang diantarkan ke setiap sudut badan mobil. Hal inilah yang menyebabkan kaca mobil dapat mudah pecah.

Itulah penyebab-penyebab lain yang membuat kaca jadi gampang pecah dan juga retak. Memang ada sebagian faktor penyebab yang sudah Anda ketahui, seperti terkena batu atau kerikil, dan juga jika pemasangan kaca yang tidak pas. Selain itu, pemuaian pada kaca dan juga sering melewati jalan yang rusak atau tidak rata juga ternyata dapat memicu kaca tersebut pecah dan retak.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *