5 Hal Sepele Namun Sering Dilakukan Ini Sangat Rentan Merusak Kendaraan Anda

Pada dasarnya sebuah kendaraan sama halnya dengan tubuh manusia yang terdiri dari berbagai macam komponen yang bekerja secara satu kesatuan. Ada kalanya salah satu onderdil yang rusak bisa menjadi penyebab mobil tersebut tidak bisa bekerja secara maksimal. Untuk itulah wajib melakukan perbaikan pada bagian tersebut agar nantinya kendaraan bisa digunakan sebagaimana mestinya. Kerusakan ini tentunya tidak terjadi secara tiba-tiba, melainkan ada faktor yang menjadi penyebab terjadinya masalah pada kendaraan tersebut.

Bahkan tak jarang diantaranya beberapa masalah yang bisa jadi karena kelalaian dari pengguna mobil tersebut, namun secara tidak disadari. Berikut ini ada beberapa macam hal yang sering kali dilakukan saat memakai kendaraan, namun tidak disadari sebenarnya bisa memicu terjadinya kerusakan, diantaranya adalah:

  1. Jarang mencuci mobil, sudah menjadi salah satu kewajiban bagi pengguna untuk membersihkan kendaraan mereka, hanya saja ada kalanya rasa malas menyebabkan Anda tidak pernah mencuci mobil bahkan untuk jangka waktu berbulan-bulan, jangan anggap remeh karena bukan hanya tumpukan debu saja yang menempel pada mobil tersebut, melainkan juga hal yang lainnya, diantaranya adalah jamur yang paling rentan hidup pada bagian kaca kendaraan tersebut. Jika sudah menempel pada kaca nantinya akan sangat sulit untuk dibersihkan. Bahkan bisa memakan banyak uang untuk sekedar menghilangkannya.
  2. Tidak memanaskan kendaraan, ada kalanya mobil tidak terpakai bahkan untuk jangka waktu 1 minggu, sudah menjadi keharusan untuk tetap memanaskan mesinnya meskipun tidak digunakan, karena hal berfungsi untuk menjaga performa kendaraan tersebut jika suatu saat akan dipakai kembali. Ketika Anda tidak memanasi mesinnya secara otomatis mobil juga mudah ngadat ketika digunakan, performa mesin akan mulai menurun.
  3. Modifikasi, hal yang paling sering dilakukan oleh anak muda adalah dengan menambahkan beberapa jenis aksesoris pada mobil tersebut agar tampilannya terlihat lebih menarik. Tanpa tau bahwa sebenarnya ada beberapa jenis aksesoris yang tidak memiliki fungsi, bahkan cenderung merusak mobil tersebut.
  4. Cara berkendara yang salah, cara berkendara Anda juga turut menentukan kondisi mobil, misalnya sering kali ugal-ugalan dan tidak hati-hati yang berpotensi menyebabkan tabrakan, hingga terkadang body mobil mengalami lecet. Begitu juga dengan hal-hal lainnya yang memberikan resiko pada mesin kendaraan.
  5. Jarang melakukan service pada kendaraan tersebut, padahal sudah waktunya, ini juga menjadi kesalahan yang paling sering dilakukan padahal sudah waktunya, dengan alasan tidak ada waktu ataupun uang, padahal service ini fungsinya adalah untuk mengoptimalkan fungsi dari kendaraan tersebut.

Setidaknya itulah 5 hal yang harus Anda hindari jika tidak ingin performa kendaraan menjadi turun, bahkan bisa menjadi penyebab terjadinya kerusakan, sepele namun sangat sering dilakukan.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *