Tips Tepat Melakukan Perawatan Kebersihan Kaca Depan Mobil

Kegiatan mencuci mobil bukan hanya membuat tampilan lebih keren, namun juga menghilangkan korosi pada bagian badan mobil. Apalagi setelah terkena hujan dan terdapat banyak lumpur, cara tepat adalah langsung membersihkan dengan air dan tidak membiarkan hingga mengering. Kaca mobil terlihat lebih kusam jika terkena sinar matahari dan hujan setiap harinya, sempatkan untuk mencuci mobil atau membawanya ke car wash agar pencucian lebih menyeluruh.

Adanya goresan di kaca depan mobil memang hal yang kurang menyenangkan, apalagi jika sering bepergian jarak jauh baik di siang dan malam hari. Membersihkan kaca memang terbilang cukup mudah jika menggunakan cara yang tepat, namun sayangnya banyak pemilik mobil hanya menggunakan kain seadanya sehingga tetap memberikan bayangan kotor. Ini tentu akan membahayakan pengemudi, terlebih di malam hari karena jarak pandang terbatas.

Maka dari itu penting sekali untuk menjaga kebersihan kaca mobil, untuk mobil Toyota memang menggunakan kaca Kristal yang tebal dan jika terjadi tekanan seperti tabrakan tidak akan pecahan tidak akan membahayakan pengemudi dan penumpang lainnya. Berikut ini ada beberapa tips membersihkan kaca mobil lebih menyeluruh tanpa meninggalkan noda goresan:

  • Siram air secara menyeluruh. Ini harus anda lakukan untuk membersihkan kaca, usahakan membasahi terlebih dahulu. Agar mudah dibersihkan nantinya, apalagi untuk kaca mobil yang terdapat noda.
  • Bersihkan dengan kanebo setengah kering. Setelah kaca dalam kondisi basah dan bersuhu cukup dingin, gunakan kanebo, cuci terlebih dahulu sehingga tidak ada pasir atau kotoran, peras hingga setengah kering dan mulai dibersihkan dengan satu arah. Biasanya akan muncul bayangan, bisa juga bersihkan bagian dalam untuk melihat bagian noda sebenarnya.
  • Gunakan air isian dengan campuran sabun. Selain perawatan dengan membersihkan secara langsung, anda juga harus mengganti tempat penampungan air dalam mobil yang di semprotkan secara otomatis. Sebaiknya tidak menggunakan air saja, namun tambahkan dengan sabun agar bisa membersihkan secara menyeluruh. Ini akan sangat berguna saat hujan lebar, agar jarak pandang tetap aman dan bisa mengemudikan kendaraan dengan aman.
  • Ganti wiper setelah karet mengeras. Setelah air sabun di semprotkan kenapa kaca terlihat mengembun dan terdapat bayangan lain, kesalahan bukan ada pada tempat penampungan. Namun pada wiper yang ada di kaca, perhatikan karet dibagian yang menempel langsung. Biasanya jika sudah keras tidak akan bergerak secara menyeluruh, bahkan tidak menyapu bersih hanya melakukan gerakan menyeret saja.

Kebersihan kaca depan bukan hanya membuat mobil semakin keren, namun memberikan kenyamanan dan keamanan berkendara. Untuk itu, berikan penutup pada bagian kaca saat parkir di garasi hal tepat, apalagi jika hanya memarkirkan di card port depan rumah.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *