Tips Melakukan Perawatan Bagian Kabin Mobil

Mobil tidak hanya harus dicek bagian mesin atau komponen yang lainnya serta eksteriornya namun juga harus dicek bagian kabin atau bagian dalam mobil. Jika kabin di dalam mobil memiliki kondisi yang kotor serta tidak mengenakkan, misalnya bau, bisa menyebabkan pengemudi ataupun penumpang yang ada di dalam mobil menjadi tidak nyaman. Jika hal tersebut tidak segera diatasi bisa menyebabkan kabin yang susah untuk dibersihkan. Terdapat 4 cara menjaga kebersihan kabin atau interior mobil Anda.

Pertama adalah dengan membersihkan dashboard. Bagian depan dari dalam kabin ini sering dipergunakan tidak hanya meletakkan barang seperti tisu, namun terkadang juga makanan seperti cemilan. Dashboard bisa saja menjadi kusam yang disebabkan karena berbagai faktor misalnya karena cahaya matahari. Untuk membersihkan dashboard, Anda bisa menggunakan kemoceng dan kanebo lembab yang sudah diberi air dan sedikit sabun cair lalu lap hingga kering. Untuk membersihkan bagian yang susah dibersihkan menggunakan kemoceng, Anda bisa menggunakan kuas ataupun vacum cleaner yang kecil. Jika sudah dibersihkan bisa mengoleskan pelapis khusus dashboard agar dashboard tetap terlindungi dari sinar matahari, tidak mudah mengelupas dan kering.

Kedua adalah dengan membersihkan jok mobil. Tempat duduk ini rentan kotor disebabkan bisa saja karena makanan dan minuman yang tumpah atau terjatuh di jok, ataupun karena noda yang ada di kaki yang menempel saat kaki diangkat ke atas jok. Bersihkan jok dari kotoran dan debu misalnya dengan kuas, kemoceng atau dengan vacum cleaner. Gunakan kanebo lembab lalu usapkan ke jok mobil dan semprotkan cairan pembersih. Lakukan pembersihan jok sesuai dengan bahan yang digunakan untuk jok tersebut. Misalnya untuk jok dari beludru, gunakan vacum cleaner atau sikat halus, gunakan cairan pembersih dan sikat jok tersebut sebelum dilap dan dikeringkan.

Ketiga adalah membersihkan flapon mobil. Anda harus berhati-hati saat membersihkannya agar tidak menyebabkan flapon mobil menjadi kendur, rusak ataupun sobek. Untuk membersihkannya Anda cukup menggunakan lap lembab lalu usapkan ke bagian flapon secara perlahan, semprotkan pembersih fabrik. Hindari terlalu menekan bagian flapon karena bisa merusak bagian tersebut. jika terdapat noda, bisa menggunakan sabun yang di gosokkan hanya di bagian noda lalu bersihkan, lap dan keringkan.

Keempat adalah dengan membersihkan bagian karpet mobil. Anda harus membuang kotoran seperti sampah di dalam kabin agar tidak membuat karpet semakin kotor. Bersihkan karpet sesuai dengan jenis karpet yang Anda pergunakan. Misalnya untuk karpet yang terbuat dari karet, Anda bisa membersihkannya dengan cara mengeluarkan dari mobil lalu bersihkan dari kotoran dan debu yang menempel dengan sikat halus. Bilas hingga bersih, jemur dan kemudian pasang kembali di lantai kabin Anda.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *