Tips Tepat Mencuci Mobil Sendiri Tanpa Menimbulkan Goresan

Saat musim hujan akan lebih aman menggunakan mobil, namun Anda mau tak mau harus mencucinya setelah digunakan. Air hujan akan membuat korosi dan memicu pengeroposan pada bagian badan mobil, ini tentu tidak akan berpengaruh jika terjadi satu dua kali saja, namun selama sebulan penuh maka akan muncul suara berdecit. Itulah kenapa, ada baiknya setelah kehujanan langsung mencuci mobil Toyota kesayangan apalagi jika menjadi mobil pertama yang berhasil dibeli dengan uang sendiri, lakukan ini di rumah setelah pulang kantor. Kegiatan olahraga yang menyenangkan, sekaligus menjaga mobil kebanggaan.

Kenapa harus mencuci mobil di rumah jika sudah ada car wash yang akan membersihkan jika di bagian dalam? Ini memang jadi pilihan tepat, namun apa jadinya jika dalam sebulan penuh hujan terus menerus, terjadi pembengkakan biaya pencucian mobil bukan. Kenapa tidak dilakukan sendiri, jika hanya terkena air hujan tanpa lumpur tentu bisa dengan mudah dibersihkan mudah, semprotkan saja air namun gunakan air PDAM dengan tingkat garam rendah, apalagi jika tinggal di daerah sekitaran pantai.

Sayangnya tidak semua orang bisa mencuci mobil dengan benar, banyak terdapat noda goresan saat pencucian. Ini bukan karena benda tajam melainkan kain yang anda gunakan untuk membilas dan membersihkan seluruh bagian, ini baru akan terlihat setelah kering. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut ini tips bagaimana cara mencuci sendiri di rumah tanpa menimbulkan goresan di badan dan kaca mobil:

  • Siram air pada seluruh permukaan mobil. Sebelum mencuci mobil, pastikan mesin sudah turun temperaturnya. Diamkan sekitar 1 jam sebelum mulai mencucinya, hal pertama yang harus dilakukan dalah menyiram dengan air seluruh permukaan mobil. Mulai dari belakang ke depan, jangan lakukan terbalik karena akan kerja dua kali.
  • Bersihkan dengan air bagian yang kotor. Setelah itu lihat pada bagian kotor, siram lagi dengan air untuk merontokkan kotoran. Gunakan sikat atau alat bantu lainnya untuk menghilangkan kotoran terlebih dahulu, apalagi untuk bagian roda.
  • Gunakan lap kanebo basah. Bagian kotor sudah hilang, maka bisa lakukan pembilasan dengan lap kanebo basah, kenapa harus basah? Untuk mengurangi kemungkinan tergores, bilas pada bagian kotor terdahulu, baru bersihkan dari belakang ke depan.
  • Bersihkan kanebo sebelum mengeringkan akhir. Setelah air sudah mulai berkurang, bersihkan kanebo dari kotoran dengan melakukan pembilasan. Setelah itu lakukan pengeringan dibagian akhir, sebaiknya gunakan kanebo berbeda yang lebih halus, terlebih untuk mengeringkan bagian kaca agar mengurangi goresan.

Mencuci sendiri mobil Toyota memang sangat mudah, karena setiap bagian akan mudah dijangkau. Pastikan menggunakan lap kanebo yang ringan dan lembut, ini akan mengurangi kemungkinan terjadinya goresan. Gunakan shampo mobil khusus agar lebih mudah dibersihkan dan terlihat lebih berkilau.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *