Cara Merawat Mobil Bertenaga Kuda yang Bisa Anda Lakukan

Mobil dengan mesin diesel ternyata sekarang sudah bukan hal yang kuno lagi. Jika dahulu mobil bermesin diesel identik dengan mobil-mobil besar seperti bus, truk dan semacamnya maka hal tersebut tidak berlaku lagi di jaman sekarang ini. Seperti contoh mobil keluarga yang memiliki mesin diesel adalah Toyota Inova, Toyota Hilux dan lain-lain. Hal tersebut mencerminkan bahwa mobil dengan mesin diesel masih ada dihati pecinta mobil.

Seiring berkembangnya dunia otomotif, kini mobil diesel tidak lagi memiliki suara yang berisik dan kasar jika digunakan. Tetapi hal yang menjadi unggulan mobil diesel selain tenaganya yang kuat, ternyata mobil diesel juga tips merawat mobilmemiliki keunggulan yakni pembakaran tidak boros sehingga dirasa menjadi solusi untuk mendapatkan mobil bertenaga kuat dan irit. Sebut saja Toyota Fortuner, ia memiliki komponen mesin diesel yang sangat bagus dikelasnya. Sehingga tak sulit menjumpai mobil ini dijadikan mobil keluarga.

Jika Anda berminat menggunakan mobil dengan mesin diesel dan berbahan bakar solar ini. Tentunya Anda harus paham bagaimana perawatan mobil ini sehingga kenyamanan mobil Anda tetap terjaga meskipun mobil-mobil berbahan diesel pada dasarnya memiliki kualitas yang bagus. Simak cara merawat mobil berbahan diesel sebagai berikut ini:

  • Sparepart asli

Penggunaan sparepart asli rasanya bukan hanya mobil diesel saja yang dianjurkan. Tetapi semua mobil juga pasti membutuhkan sparepart asli ketika melakukan penggantian. Harga sparepart asli memang lebih mahal dari sparepart palsu. Namun jika dihitung dengan kualitas penggunaan dan lama penggunaan, rasanya sparepart asli akan jauh lebih murah daripada sparepart palsu.

  • Cek filter solar

Untuk menjaga kualitas mesin tetap baik maka Anda harus melakukan pengecekan filter solar supaya terhindar dari kotoran yang menghambat masuknya solar ke pompa injeksi mesin. Lakukan penggantian secara rutin dan lakukan pengecekan sehingga mesin Anda akan tetap memiliki performa yang baik.

  • Ganti Oli

Jika Anda hanya melakukan penggantian filter solar saja tanpa mengganti oli juga akan membuat performa mobil Anda menurun, sehingga usahakan dalam hal ini lakukan penggantian oli secara rutin dan berkala. Biasanya untuk oli mobil, Anda dapat menggantinya setiap 5.000Km. Sebaiknya Anda juga mengganti filter oli Anda, sehingga kerak atau kotoran yang ditimbulkan oleh oli tidak mengganggu kualitas tenaga mobil Anda. Cek juga kebocoran oli yang mungkin terjadi

  • Ganti Filter Udara

Filter udara ini merupakan komponen penting bagi mobil dengan mesin diesel. Usahakan filter udara selalu bersih sehingga tidak mempengaruhi perputaran mesin. Akibat yang akan timbul ketika Anda tidak membersihkan filter udara yakni mobil diesel Anda akan memiliki performa yang tidak baik dan berakibat pada pemborosan bensin. Sehingga penggantian filter udara ini sangat penting Anda lakukan secara berkala, tergantung pada kebutuhan dan tergantung pada Anda yang rutin merawatnya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *