Apa Itu Leasing Mobil? Seperti Apa Cara Kerjanya? Simak Ulasannya Berikut!

Leasing memiliki arti lease atau menyewakan. Leasing ini berasal dari bahasa Inggris, di dalam arti yang berasal dari sudut pandang perbankan, Leasing dapat diartikan sebagai aktivitas pembiayaan yang dilakukan perusahaan di dalam bentuk peminjaman barang modal dan diatur dalam sebuah perjanjian. Perjanjian ini seperti penyewa harus membayar sewa berkala, masa sewa ditentukan dalam waktu tertentu. Namun umumnya masyarakat lebih memilih leasing untuk membeli beragam barang yang mereka beli.

Umumnya, proses pengajuan Leasing ini tidak sulit dan dapat diselesaikan dalam waktu yang cepat. Pemohon hanya perlu mendatangi kantor cabang penyedia layanan Leasing yang paling dekat dan meminta penjelasan mengenai mobil yang akan dicicil. Ada berbagai macam alasan mengapa orang lebih memilih mengajukan Leasing seperti keterbatasan dana untuk membeli barang atau kendaraan dengan cara tunai. Pada kenyataannya, leasing banyak digunakan untuk membeli kendaraan contohnya seperti mobil. Angka pengajuan Leasing untuk kepemilikan mobil bisa dikatakan tinggi.

Ketika Anda mengajukan Leasing, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dengan baik seperti:

  • Angsuran pertama yang harus Anda bayar,
  • Jumlah biaya administrasi yang dikenakan oleh pihak Leasing,
  • Biaya asuransi yang harus Anda bayarkan,
  • Jumlah angsuran atau cicilan yang harus Anda bayarkan setiap bulannya,
  • Uang muka yang harus Anda bayarkan,
  • Besarnya suku bunga yang nantinya dibebankan pada Anda,
  • Persyaratan yang diperlukan ketika pengajuan.

Seperti jenis kredit yang lainnya, mengajukan kredit mobil menggunakan Leasing biasa dikenakan sejumlah ketentuan yang mempengaruhi hal-hal yang berhubungan dengan perjanjian kredit. Sangat penting bagi Anda untuk mencermati seluruh peraturan serta ketentuan yang berada di perjanjian kredit sehingga tidak terjadi salah paham. Selain berbagai ketentuan serta aturan yang sudah ditetapkan oleh leasing di perjanjian kredit, Anda juga harus melakukan evaluasi pada kemampuan bayar Anda. Hal ini harus menjadi sebuah perhatian khusus, karena bisa mempengaruhi keadaan keuangan secara keseluruhan. Pastikan Anda mempunyai kemampuan bayar hingga akhir masa kredit.

Seperti saat mengajukan kredit yang lain, untuk mengajukan Leasing, Anda harus jeli dan berhati-hati untuk memilih jasa, jangan sampai Anda rugi di hari mendatang. Ada berbagai macam hal yang harus Anda cermati, seperti:

  • Pilih mobil yang telah banyak berada di pasaran. Hal ini bisa membantu Anda memperoleh mobil dengan harga jual yang bagus, mobil tersebut akan tetap memiliki harga tinggi bila ketika tiba pelunasan Anda ingin menjual mobil tersebut,
  • Pilih jasa penyedia yang sudah dikenal luas, serta menawarkan bunga yang lebih ringan,
  • Jangan lupa pada asuransi pilih penyedia asuransi yang nyaman mengajukan klaim dan murah.

 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *