Lakukan 4 Tips Ini Agar Mobil Anda Jarang Masuk Bengkel

tips service mobil
tips service mobil

Mengandalkan transportasi umum kerap kali membatasi ruang gerak setiap kali ada keinginan untuk bepergian. Maka usahakan untuk memiliki kendaraan pribadi agar leluasa diajak pergi kemanapun bahkan lewat gang yang angkot pun tidak akan melaluinya. Anda bisa memilih antara motor ataupun mobil, dan untuk kenyamanan ekstra bisa memilih mobil karena memang didesain lebih aman dan nyaman baik bagi pengemudi maupun penumpang.

Salah satu resiko memiliki mobil adalah perlu diberikan perawatan rutin ke bengkel dan bisa jadi biaya yang dikeluarkan tidak sedikit. Supaya mobil andalan keluarga tidak sering masuk bengkel maka simak beberapa tips di bawah ini:

Berikan pemeliharaan secara terjadwal,

Meskipun mobil Anda masih di masa garansi karena baru beberapa bulan dibeli namun tetap saja memerlukan perawatan terjadwal. Kunjungi bengkel resmi sesuai dengan anjuran di dalam buku panduan supaya kondisi mesin selalu sehat. Pasalnya perawatan ini memastikan semua komponen mesin dalam kondisi prima.

Rutin mengganti oli maupun filter,

Oli dan filter oli merupakan dua jenis kebutuhan pokok bagi mobil setelah bensin, bedanya kekurangan atau kehabisan bensin masih bisa ditolerir. Sebab tidak akan memicu kerusakan fatal namun berbeda jika mobil Anda sampai kehabisan oli. Bisa-bisa banyak komponen vital mengalami kerusakan karena gesekan antara komponen gerak mengalami masalah. Mobil menjadi mudah mogok, maka rajin mengganti oli dan filter oli. Dianjurkan memakai oli berkualitas dan filter olinya merupakan produk original.

Selalu gunakan onderdil original,

Setiap kali melakukan service ke bengkel baik service gratis maupun berbayar pastikan untuk melakukan penggantian komponen. Komponen ini memang akan rutin diganti dan semakin bertambah umur mobilnya setiap kali service semakin banyak komponen yang perlu diganti dengan yang baru. Selain rutin diganti wajib memilih komponen atau onderdil asli bawaan pabrik, maka penting sekali untuk mengunjungi bengkel resmi. Meski biaya yang dikeluarkan lebih tinggi setidaknya bisa memastikan sudah memakai onderdil sesuai standar, sehingga resiko mogok dan rutin ke bengkel bisa dihindari.

Menjaga kebersihan mobil,

Membiarkan mobil Anda kotor terlalu sering dan untuk waktu yang lama menjadi sumber masalah mobil mudah opname ke bengkel. Kotoran yang Anda sepelekan ini bisa masuk ke dalam mesin mobil dan bagian-bagian yang terbilang vital. Selain itu cat body mobil juga akan kehilangan pesonanya, daripada menghamburkan uang ke bengkel karena mobil sering rusak. Maka usahakan menjaga kebersihan mobil tidak hanya di eksterior saja melainkan juga di interior. Cara ini memperkecil resiko mobil sering masuk bengkel.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *