3 Mobil Sedan Toyota Lawas yang Recommended untuk Bergaya Retro-Classic

toyota corolla klasik
toyota corolla klasik

Sejak awal kemunculannya, mobil sedan diciptakan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendaranya dan banyak digemari orang untuk dijadikan kendaraan pribadi. Bahkan sedan identik dengan mobil kedinasan. Sedan dirancang untuk menampung 3-5 orang dan termasuk salah satu jenis mobil legendaris sebelum era city car-hatchback-LCGC mulai booming. Hingga saat ini, mobil sedan masih memiliki tempat di hati para penggemar mobil klasik atau mobil retro. Semakin lawas tahun pembuatannya maka kesan retro-classic yang ditampilkan semakin kentara.

Bagi Anda yang juga ingin ikut arus trend retro-classic vehicle, 3 mobil Toyota lawas di bawah ini bisa jadi rekomendasi yang tepat untuk Anda:

  • Toyota Corolla KE30.

Mobil produksi Negeri Sakura ini merupakan generasi ketiga (3rd generation) dari Toyota Corolla yang mulai dirilis Agustus 1974. Pada awal-awal kemunculannya, mobil sedan berkapasitas 1000 cc lalu dikembangkan jadi 1300 cc di kemudian hari ini sempat menjadi salah satu mobil terlaris di dunia, termasuk di Indonesia. Di kalangan pecinta otomotif Tanah Air, Toyota Corolla KE30 akrab dengan sebutan Corolla-Veteran (Corvet) karena mungkin dulunya mobil ini sering dipakai oleh para veteran RI.

  • Toyota Corolla DX KE70.

Sedan satu ini merupakan generasi penerus dari Corolla KE30 yang diproduksi selama tahun rentang waktu 1979 hingga 1984. Berbekal mesin 1300 cc dengan 4 frontlamp bulat, dan seluruh bemper terbuat dari besi ini sukses mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Pada tahun 1981, Corolla DX KE70 mengalami revolusi pada bagian lampu depan, lampu sein dan lampu belakang. Sedangkan pada masa akhir produksinya, Corolla DX KE70 hadir dengan ukuran bodi dan bemper urethane yang lebih panjang serta memiliki tachometer pada bagian indikatornya.

  • Toyota Starlet 1.3 SE (EP 71).

Mobil sedan tanpa moncong bagasi belakang ini merupakan generasi ketiga keluarga Toyota Starlet yang diproduksi sekitar tahun 1985-1989 dengan 2 varian kapasitas mesin yakni 1000cc (1e) dan 1300cc (2E). Menariknya, Indonesia menjadi negara pertama yang dipercaya Jepang untuk merakit mobil mungil klasik ini, yakni untuk model EP70 1000cc di tahun 1985. Di kalangan penggemar otomotif Indonesia, mobil ini dikenal dengan julukan Starlet Kotak (Starko) yang hingga saat ini masih banyak diburu orang.

Mobil sedan dengan penampilan retro-classic memang seolah tiada matinya, terlebih saat ini orang-orang sudah mulai mengapresiasi apapun yang berbau vintage, termasuk dalam hal ini adalah kendaraan roda 4 alias mobil. Baik untuk pemakaian sehari-hari maupun untuk dipamerkan di ajang-ajang otomotif. Masih banyak lagi sebenarnya mobil Toyota yang bergaya klasik dan cocok untuk Anda yang juga bergaya retro. Umumnya, mobil sedan Toyota klasik dibanderol dengan harga 15 hingga 35 juta tergantung kondisi dari mobil tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *