Tahapan yang Perlu Anda Perhatikan dalam Melakukan Perbaikan Karburator Mobil Rusak

Baik dalam mobil ataupun kendaraan lainnya memang karburator mempunyai peranan yang sangat penting dalam mempengaruhi kinerja. Selain itu juga dapat berpengaruh pada konsumsi bahan bakar, tenaga yang dikeluarkan oleh mobil, ataupun lainnya. Jadi pada dasarnya baik pada mobil ataupun motor karburator mempunyai fungsi yang

Perawatan karburator mobil
Perawatan karburator mobil

sama, hanya saja pada mobil telah menggunakan power sterring dan AC yang dapat mendukung performa mesin dan juga komponen lainnya. Jadi jika ada masalah dalam karburatornya saja tentu mobil akan mengalami kendala atau bahkan sudah tidak bisa dihidupkan.

Untuk penyebab kerusakan pada karburator sendiri beragam, misalnya karena telah tercampur bahan bakar, terjadi banjir pada karburator ataupun lainnya. Jika mengalami masalah seperti itu Anda tidak perlu panik dan langsung membawanya ke bengkel. Sebelumnya bisa cek terlebih dahulu dengan beberapa tahapan perbaikan karburator yaitu:

  1. Pertama Anda bongkar terlebih dahulu bagian air filternya, hal ini dilakukan untuk melihat komponen lainnya yang berhubungan dengan karburator.
  2. Setelah itu barulah Anda buka kabel atau selang yang terhubung dengan karburator. Sangat disarankan untuk melepas kabel ataupun selang tersebut harus dilakukan secara hati-hati supaya tidak mengalami putus karena memang rawan sekali.
  3. Pastikan mur dan juga baut yang terpasang sudah lepas terlebih dahulu, setelah itu barulah Anda bisa melakukan pembersihan karburator mobil Anda.
  4. Dalam membersihkan Anda bisa menggunakan karburator cleaner atau secara sederhananya juga bisa menggunakan bensin atau kuas.
  5. Jika dirasa semua bagian sudah bersih, Anda bisa menyemprotkan angin kompresor pada setiap bagian lubang karburator mobil tersebut.
  6. Dan terakhir Anda bisa memasang kembali komponen-komponen yang telah Anda bongkar dalam posisi seperti awal.

Bagaimana, mudah bukan? Jadi tidak semua permasalahan yang dialami oleh mobil Anda harus dilakukan perbaikan ke tempat bengkel resmi. Selagi Anda bisa melakukannya kenapa harus mengeluarkan uang lebih untuk melakukan hal yang sangat sederhana seperti itu. Yang sedikit rumit dalam proses perbaikan karburator mobil yang rusak biasanya pada saat Anda melakukan pencopotan ataupun pemasangan kembali komponen yang terhubung dalam mesin mobil tersebut. Jadi Anda memang harus lebih bersabar dan teliti, jangan sampai bisa melepas kabel tetapi tidak bisa melakukan pemasangan kembali.

Namun memang tidak semua jenis kerusakan karburator mobil bisa Anda perbaiki sendiri, hal itu hanya dapat dilakukan jika kondisi kerusakan tidak cukup parah. Jika memang sudah parah akan lebih baiknya Anda mempercayakan kepada bengkel yang aman dan terpercaya dalam kinerjanya. Jadi cari tahu terlebih dahulu apa penyebab kerusakan karburator mobil, apakah bisa diperbaiki secara sederhana atau tidak. Itulah beberapa tips yang dapat disampaikan semoga bisa memberikan manfaat bagi Anda yang mengalami masalah mengenai kerusakan karburator pada mobil.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *