Tips Aman yang Bisa Anda Jadikan Panduan untuk Membeli Mobil Bekas

Kalau Anda memerlukan mobil dan budget terbilang tidak terlalu banyak, maka pertimbangkan untuk mengambil mobil bekas. Namun jangan salah sangka dulu sebab tidak selamanya mobil yang dijual dalam kondisi bekas sudah dalam kondisi memprihatinkan. Beberapa mobil di dealer khusus kendaraan bekas masih nampak kinclong dan performanya juga tidak beda jauh dengan mobil baru. Padahal harga yang dibayarkan bisa lebih dari separuh harga mobil baru tersebut, sehingga menjadi pilihan yang cerdas menyediakan mobil di rumah tanpa berkorban banyak anggaran.

Tips Aman Membeli Mobil Kondisi Bekas

Sebagai mobil setengah pakai maka ada beberapa hal yang perlu dicermati supaya tidak membawa pulang rongsokan ke garasi rumah. Tips aman berikut ini bisa dijadikan panduan menghindari kemungkinan tersebut:

  1. mobil bekasMengecek kondisi interior dan eksteriornya

    Kondisi fisik menjadi pertimbangan pertama untuk mendapatkan mobil kondisi bekas namun sensasinya masih baru. Pastikan eksterior maupun interior mobil tidak mengecewakan, sehingga tetap nyaman dipakai dan tidak perlu keluar uang untuk memperbaiki kerusakan yang ada. Menariknya lagi, apabila beruntung tentu bisa mendapatkan mobil dengan tambahan aksesoris sehingga tidak rugi memilihnya.

  2. Coba dulu untuk mengecek kondisi mesin

    Membeli mobil setengah pakai tentu wajib sekali untuk dicoba sehingga tidak membeli mobil yang sering mogok atau sejenisnya. Mencobanya dulu bisa sangat memastikan apakah kondisi mesinnya masih bagus atau tidak, dan jika ditemukan kekurangan. Misal gas kurang atau suara mesin agak berisik tentu bisa dipertimbangkan apakah masih bisa ditoleransi atau tidak. Ketika menerima kekurangannya maka perlu mempertimbangkan kemungkinan disservice ke bengkel selepas dibeli. Supaya mesin kembali sehat dan bebas keluhan.

  3. Periksa semua surat-surat mobil

    Biasanya orang memilih mobil setengah pakai karena alasan budget yang tidak terlalu mendukung, namun jangan asal murah. Sebab mobil meski bekas kalau kondisinya bagus tentu akan dijual lebih mahal dari harga pasar, terlebih jika masa pakai pemilik sebelumnya terbilang singkat. Namun kalau dijual dengan harga sangat murah bisa jadi merupakan mobil kosong tanpa surat-surat. Menghindari penipuan cek kelengkapan surat-suratnya, dan pastikan sesuai dengan fisik mobil. Akan lebih aman memilih mobil yang masa pajaknya masih lama.

  4. Mengecek riwayat buku service

    Buku service tentu dimiliki semua mobil dari semua merek, dari yang terkenal sampai merek tidak terkenal sama sekali. Sebab akan diberikan kepada para pembelinya sebagai sarana untuk memberikan perawatan sesuai standar. Cek buku service ini ketika membeli mobil setengah pakai sehingga bisa memastikan pemilik sebelumnya memberikan perawatan yang baik. Asalkan riwayat perawatan rutinnya sudah sesuai standar maka kualitas mobil bisa diandalkan, dan lebih terjamin. Anda pun tidak memiliki rasa was-was membeli mobil bekas tersebut.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *