Pentingnya Gantungan Kunci Mobil Sebagai Pembantu Mengingat Letak Kunci

Memiliki kendaraan kini sudah menjadi kebutuhan bagi hampir semua orang. Hal ini lantaran kurang tersedianya transportasi massal sehingga kebanyakan orang lebih memilih untuk memiliki kendaraan pribadi. Setiap kendaraan tentu memiliki kunci dan ukurannya cenderung kecil sehingga memungkinkan untuk hilang dengan mudah. Itulah mengapa bagi setiap pemilik kendaraan, memiliki gantungan kunci mobil atau motor seolah sudah menjadi keharusan.

Meskipun beberapa orang menganggap bahwa gantungan kunci membuat ribet atau tidak praktis, namun hal ini penting sebagai penanda keberadaan kunci. Pasti Anda sering sekali mengalami kehilangan kunci atau lupa menaruh kunci ketika akan bepergian ke suatu tempat. Tentunya hal ini lebih merepotkan dibanding hanya memasang gantungan kunci mobil atau motor. Sebetulnya kejadian tersebut bisa diminimalisir dengan penggunaan gantungan kunci yang tepat sehingga tetap praktis dan mudah dibawa, namun juga bisa sebagai penanda keberadaan kunci kendaraan Anda.

Berikut ini beberapa tips memilih gantungan kunci kendaraan, yaitu:

Gantungan Kunci Mobil

  • Jangan memakai gantungan kunci yang terlalu banyak sehingga membuatnya tidak praktis. Mengingat gantungan kunci pada kendaraan berbeda fungsi dengan gantungan kunci rumah sehingga pemiliknya lebih sering memasukkan kunci kendaraan di saku, maka pilihlah yang simpel dan sederhana.
  • Ukuran juga patut dipertimbangkan. Pilihlah gantungan dengan ukuran ideal. Memilih gantungan ukuran besar tentu akan membuatnya susah masuk saku, namun memilih ukuran kecil kurang bisa menolong Anda dalam menemukannya.
  • Bentuk gantungan kunci seperti dompet mini bisa dipertimbangkan agar lebih mudah masuk saku. Namun jangan pernah sekalipun memasukkan STNK atau surat penting lain di dalamnya karena dengan begitu pencuri bisa dengan mudah membawanya kabur. Lebih baik tempatkan karcis parkir atau uang kecil di dalamnya sehingga lebih praktis.

Baca juga: 5 Alat Keamanan Mobil yang Ampuh Cegah Pencurian

Kini beragam gantungan kunci sudah tersedia di pasaran dengan bentuk dan bahan yang beragam, harga yang ditawarkan pun juga cukup bervariasi. Ada yang dibuat dari kain perca, kain flannel, besi, alumunium dan masih banyak lagi. Namun agar tetap elegan dan tidak termakan waktu, maka gantungan kunci dengan bentuk dompet sederhana berbahan kulit bisa menjadi alternatif pilihan Anda. Namun dengan memiliki gantungan kunci berbahan kulit, maka Anda pun harus mengetahui cara perawatannya seperti berikut ini:

  • Bersihkan bahan kulit tersebut secara berkala demi menghindari jamur dan juga kotoran yang menempel. Hal ini diperlukan mengingat gantungan kunci, dompet atau bahkan tas berbahan kulit seringkali ditempatkan di area dengan banyak debu sehingga berpotensi memunculkan jamur dengan cepat apabila tidak rutin dibersihkan.
  • Untuk noda ringan yang hanya menempel seperti debu, maka cukup lap dengan kain halus serta air hangat. Namun apabila terdapat noda membandel, maka bisa menyikatnya secara perlahan dengan sikat gigi dan juga air hangat yang telah dicampur shampo. Hindari mengelap bahan kulit dengan tissue karena serat tissue bisa menempel pada bahan kulit dan membuat permasalahan baru.
  • Untuk mengeringkannya, cukup diletakkan di tempat teduh atau diangin-anginkan. Jangan menjemurnya di bawah sinar matahari secara langsung karena hal ini bisa membuat serat pada bahan kulit menjadi kering dan retak-retak, bahkan mengelupas.

Itulah beberapa tips memilih gantungan kunci mobil serta cara merawatnya agar lebih tahan lama. Pastikan untuk meletakkan kunci kendaraan Anda pada tempat yang mudah dijangkau oleh Anda seperti laci meja atau gantungan khusus sehingga terhindari dari resiko terlupa.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *